Skip to content

Pesan Khalifah Al-Ma’mun Kepada Sahabatnya

Pesan Khalifah Al-Ma’mun Kepada SahabatnyaAs-Suyuthi dalam kitabnya Tarikh Al-Khulafa’ menuturkan, bahwa khalifah Al-Ma’mun pernah berpesan kepada seorang sahabatnya, “gunakanlah  kesempatan untuk berbuat kebajikan, karena sesungguhnya bulan itu terus berputar. Waktu tak akan membiarkan seseorang dalam satu keadaan.

Menurut penulis, ucapan khalifah Al-Ma’mun adalah ucapan orang pintar dan bijak sana. Orang yang tidak mau menggunakan kesempatan untuk berbuat baik kepada orang lain ia akan terlambat mendapatkan kebajikan, karena waktu akan terus berjalan dan berubah-ubah. Seorang pejabat yang tidak menggunakan jabatannya untuk kemamfaatan orang lain ia akan menyesal ketika ia sudah kehilangan jabatannya, karena dipecat atau karena pensiun. Orang kaya yang tidak mau membagi hartanya kepada orang lain yang membutuhkan bantuan, ia akan menyesal ketika ia sudah jatuh miskin. Dan penguasa yang tidak menggunakan kekuasaannya buat menolong orang lain yang tertindas atau yang dizhalimi, ia akan menyesal ketika ia sudah dipecat dari kekuasaannya.

Bergegaslah melakukan kebajikan, dan berlombalah mengerjakan amal-amal saleh. Berbuatlah sesuatu yang bermamfaat bagi sesama hamba Allah selain masih ada kesempatan, karena waktu itu terus berubah dan roda nasib pun terus berjalan.

Published inNasehat Khalifah