Skip to content

Penciptaan Malaikat yang Tidak Berjenis

Penciptaan Malaikat yang Tidak BerjenisJika manusia diciptakan dalam bentuk berjenis kelamin, maka dalam hal penciptaan malaikat tidak ada nash yang mengtakan demikian, bahkan ada beberapa ayat yang membantah berbagai dugaan yang menyatakan bahwa para malaikat berjenis kelamin perempuan. Sehingga orang-orang kafir yang memiliki dugaan bodoh itu menyebut malaikat dengan sebutan dan nama perempuan. Allah berfirman:

إِنَّ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِٱلۡأٓخِرَةِ لَيُسَمُّونَ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةَ تَسۡمِيَةَ ٱلۡأُنثَىٰ ٢٧ وَمَا لَهُم بِهِۦ مِنۡ عِلۡمٍۖ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا ٱلظَّنَّۖ وَإِنَّ ٱلظَّنَّ لَا يُغۡنِي مِنَ ٱلۡحَقِّ شَيۡ‍ٔٗا ٢٨

“Sesungguhnya orang-orang yang tiada beriman kepada kehidupan akhirat, mereka benar-benar menamakan malaikat itu dengan nama perempuan. Dan mereka tidak mempunyai sesuatu pengetahuanpun tentang itu. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan sedang sesungguhnya persangkaan itu tiada berfaedah sedikitpun terhadap kebenaran.” (QS. An-Najm: 27-28)

Meski tidak berjenis kelamin, namun dalam beberapa tugas untuk bertatap muka secara langsung dengan manusia, baik manusia dari jenis kelamin laki-laki maupun dari jenis perempuan, para malaikat ditampilkan dengan menyamar sebagai seorang pria yang muda, gagah dan menarik. Tidak dijumpai riwayat yang menyebutkan bahwa malaikat pernah menyamar sebagai perempuan.

Published inJejak Malaikat