Skip to content

Keimanan Menjaminkan Surga

Keimanan Menjaminkan SurgaDalam sebuah hadits dijelaskan bahwa suatu saat nabi didatangi oleh malaikat jibril untuk memberitahukan kabar gembira bahwa semua umat Muhammat akan masuk surga, meskipun mereka semua pernah melakukan dosa pencurian atau perzinaan. Bahkan dalam sebuah hadits yang panjang nabi pernah berkisah bahwa kelak, siapa pun manusia yang punya keimanan, meski sebelummnya mereka sudah menerima siksaan di neraka, Allah tetap akan mengangkat mereka dari neraka untuk dimasukan kesurga.

Inilah sebuah kenyataan bahwa keimanan akan menjamin seseorang masuk surga. Dan berbahagialah anda yang kini telah mempunyai keimanan kepada Allah  dan meyakini keyakinan kerasulan Muhammad. Anda pasti dijamin masuk surga! Ya, anda pasti akan masuk surga, meski barangkali anda harus mampir terlebih dahulu keneraka.

Ketahuilah bahwa pengertian semua umat Islam kelak akan masuk surga adalah benar. Akan tetapi untuk amsuk surga semua orang Islamharus dibersihkan terlebih dahulu dari dosa-dosa yang pernah dilakukan. Surga adalah tempat balasan amal. Surga bukan tempat para pendosa. Makanya siapa punyang masuk surga pasti mereka tak punya dosa. Atau kalau pun mereka masih punya dosa , maka dosa itu arus dibersihkan terlebih dahulu dineraka. Atau pun ada sebagian mansia yang masuk surga dengan tetap menanggung dosa, maka dosa itu pasti sudah diampuni oleh Allah. Jadi kesimpulannya dalah semua umat islam pasti akan masuk surga meski  pun sebagian dari mereka ada yang mampir dulu ke neraka.

Ketahuilah bahwa ada banyak macam cara manusia memasuki surga dimana semua itu tergantung pada amal perbuatan manusia itu sendiri sewaktu didunia. Ada sebagian orang yang msuk surga dengan cepat, secepat kilat menyambar. Ada sebagian pula yang masuk surga tanpa hisab, yakni para syuhada’ yakni yang gugur dalam medan laga memperjuangkan agama Allah. Ada pula manusia yang masuk surga dengan harus melewati jembatan shirat dengan tertatih-tatih hingga sampai kesurga. Dan cara yang terakhir inilah yang banyak terjadi nanti.

Sesungguhnya ada amal-amal ibadah yang oleh Allah dinilai sebagai amal ibadah yang bernilai pahala besar yang bahkan bisa menghantarkan seseorang masuk surga. Dan lagi-lagi dari sini kita bisa menemukan kesimpulan bahwa tiket masuk surga memang tergantung pada “harga” yang ditawarkan. Ada amaliyah ringan yang bisa menjadi tiket masuk ke surga. Namun perlu disadari bahwa tiket ini masih tergolong murah hingga cara memasukan ke surga pun akan beda dengan tiket yang mahal.

Published inSurga Neraka