Skip to content

Sayap-sayap Malaikat

Sayap-sayap MalaikatAllah melengkapi malaikat dengan sayap. Dalam beberapa Rasulullah sempat melihat Jibril dalam bentuk aslinya. Pada saat itulah Rasulullah melihat adanya sayap pada tubuh jibril.

Keberadaan sayap para malaikat ini, secara tidak langsung juga mengukuhkan fakta bahwa para malaikat diciptakan dengan bentuk berbeda antara satu dengan yang lainnya. Paling tidak, hal ini diantaranya ditujukan dengan jumlah sayap yang mereka miliki. Jumlah sayap para malaikat ternyata beragam, ada yang banyak dan ada yang sedikit. Allah menyebutkannya dengan: “Masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat.”

Berkaitan dengan bagaimana bentuk sayapnya, tidak ada perincian yang lebih detail. Ia merupakan perkara ghaib. Apakah sayapnya seperti sayap burunng atau bagaimana, tidak ada nash atau  dalil yang memberikan keterangan seperti itu. Namun secara umum sayap para malaikat semakna dengan sayap yang ada di bumi pada umumnya, karena Rasulullah begitu melihat jibril, beliau  langsung mengenali  adanya sayap  pada tubuh Jibril.

Dan tidak perlulah umat islam penasaran dengan persoalan tersebut. Yang diterangkan Allah dan Rasul-Nya adalah jumlah sayap pada setiap  malaikat yang tidak selalu sama, tergantung pada besar kecil dan kecepatan malaikat yang bersangkutan.

Berkenaan dengan jumlah sayap yang dimiliki oleh malaikat ini, dalam sebuah hadits yag diriwayatkan Muslim dan Ibnu Mas’ud: “Rasulullah pernah melihat Jibril yang memiliki enam ratus buah sayap” Hadits Rsulullah ini merupakan informasih tambahan, yang semakin mengukuhkan bahwa para malaikat ini berbeda-beda bentuknya dan memiliki jumlah sayap yang beragam.

Jibril adalah pemimpin para malaikat, yang dibawahnya barangkali ada banyak malaikat lain yang juga dianugrahi sayap. Tetapi jumlahnya barang kali tidak sebanyak yang dimiliki oleh Jibril, atau bisa jadi ada malaikat yang lebih besar lagi dengan jumlah sayap yang juga lebih banyak dari Jibril.

Yang mungkin terjadi dalam bayangan kita, dengan jumlah sayapnya tersebut, seberapa besarkah Jibril itu? Menggambarkan tentang seberapa besarnya malaikat Jibril ini, Rasulullah bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Mas’ud yang berkata: “Rasulullah telah melihat Jibril dalam pakaian hijau memenuhi antara langit dan bumi”. Dalam riwayat lain, Rasulullah ketika Isra dan mi’raj melihat Jibril, ia memiliki enam ratus sayap antara kedua sayapnya, sebagiamana menerangkan antara Timur dan Barat.

Untuk kali ini itu saja yang bisa kami berikan jangan lewatkan untuk membaca artikel sebelumnya dengan judul Penciptaan Malaikat yang Berbeda & Bertingkat

Published inJejak Malaikat