Skip to content

Rahasia di Balik Asmaul Husna (As-Salaam)

Rahasia diBalik Asmaul Husna (As-Salaam)Imam Al-Ghazali menjelaskan makna as-Salaam, yaitu keterhindaran Dzat, sifat, dan perbuatan Allah dar segala cela, kekurangan, kejahatan, dan keburukan sehingga  tiada keselamatan yang diperoleh oleh seorang hamba kecuali merujuk kepada-Nya dan bersumber dari-Nya.

Dia-lah Dzat yang selamat dari cela, kekurangan, dan kejahatan. Dia-lah yang menyelamatkan hamba-Nya dari segala mala  petaka yang hendak menimpanya. Dia-lah Dzat yang menyelamatkan kita dari kejahatan makhluk-Nya, dari binatang buas sekalipun. Oleh karena itu, janganlah bersandar pada sebatang pohon yang akan mennjadi kering dan tumbang. Jangan bergantung pada manusia karena mereka akan menjadi tua dan mati.

Orang yang bergantung kepada Allah, as-Salaam, penyelamat, maka tidak akan pernah panik. Kekuatan Allah akan menampakan diri pada orang itu sebagai sikap pemberani yang beriman. Sebab, setiap makhluk yang kita mintai pertolongan itu tidak dapat menyelamatakan kita melainkan dia juga butuh pertolongan dari Yang Maha Menyelamatkan, yakni Allah Swt. Justru jika terbesit dalam benak kita bahwa ada makhluk yang dapat memberi  keselammatan kepada kita  itu akan menjerumuskan kita ke dalam kemusyrikan (menyekutukan Allah); dan hal  inilah yang akan menjerumuskann kita kedalam neraka. Padahal, hanya Allah  yang dapat menyelamatkan kita dari siksa-Nya.

Allah berfirman:

يَهۡدِي بِهِ ٱللَّهُ مَنِ ٱتَّبَعَ رِضۡوَٰنَهُۥ سُبُلَ ٱلسَّلَٰمِ وَيُخۡرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ بِإِذۡنِهِۦ وَيَهۡدِيهِمۡ إِلَىٰ صِرَٰطٖ مُّسۡتَقِيمٖ ١٦

“Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS. Al-Maa’idah: 16)

Khasiat:

  1. Barang siapa  yang membaca lafazh ini sebanyak  120 kali terhadap orang yang sedang menderita penyakit, insya Allah penyakitnya akan hilang selagi  ajalnya belum tiba.
  2. Jika lafazh ini dibaca sebanyak 141 kali setiap hari, insya Allah  akan terhindar dari segala bencana.
  3. Barang siapa yang terus menerus membaca lafzh ini, insya Allah  ia akan dilindunngi oleh Allah Swt. Dari semua bencana dan bahaya.

Itulah artikel kami pada kesempatan ini semoga bermamfaat buat anda semua jangan lewatkan unutk baca artikel sebelumnya dengan judul Keajaiban Asma’ul Husna Al-Qudduus

Published inAsma'ul Husna