Skip to content

Sepotong Roti Kering Dapat Mengobati Rasa Lapar

Sepotong Roti Kering Dapat Mengobati Rasa LaparHarus diakui kita ini sangat antusias mengumpulkan harta  karena takut miskin. Kita seperti tidak pernah merasa puas. Padahal apa yang kita kumpulkan sering kali kita tidak makan. Kalau kita pikir, ternyata sepotong roti kering sudah bisa mengobati rasa lapar yang melilit perut kita. Berdasarkan pengalaman empirik, orang yang sudah merasa kenyang hanya dengan memakan sepotong roti saja, maka sudah cukup keinginan dan nafsunya dari menyantap makanan lain yang lezat-lezat.

Itulah sebabnya orang-orang salaf tidak mau berlebih-lebihan dalam mencari dunia. Dalam urusan nafkah mereka sudah puas dengan hanya sedikit saja, Imam Ahmad bin Hambal misalnya, selama kurang lebih dari tujuh puluh tahun hanya cukup makan roti kering dan korma yang sudah tidak utuh lagi. Sementara khalifah Al-Makmun dan khalifah Al-Mu’tahsim misalnya, selama kurang lebih empat puluh enam tahun selalu memakan makanan  yang lezat-lezat dan meminum minuman yang segar-segar. Apakah yang mereka makan dan mereka minum tersebut berguna dan dapat menagguhkan ajal kematian mereka barang sedikit pun atau berubah amalan-amalan mereka menjadi baik? Lalu apakah makanan tidak lezat yang biasa dimakan oleh imam Ahmad bin Hambal dan juga  hidup menderita yang didalamnya mendatangkan mudharat padanya?

Sesungguhnya usia itu sangat pendek dan waktupun sangat singkat. Makan apa saja, sudah cukup asalkan sehat dan bisa mengatasi rasa lapar. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Jadilah anda orang yang bisa menahan diri dan merasa cukup. Jika anda terbebas dari beban hutang, maka anda adalah orang yang bahagia. Dan orang yang sederhana biasanya tidak sombong.

Published inNasehat Khalifah