Hati-hati – penipu menyamar sebagai DHL serta DPD pada Black Friday ini

Hati-hati – penipu menyamar sebagai DHL serta DPD pada Black Friday ini

Pesan teks palsu yang menyamar sebagai perusahaan pengiriman terkenal telah pesat dalam beberapa pekan terakhir, dengan penipu diharapkan memanfaatkan sepenuhnya Black Friday yang akan datang.

Perusahaan keamanan dunia maya Proofpoint telah memberikan informasi peningkatan yang signifikan baru-baru ini dalam penipuan SMS – yang dikenal sebagai ‘smishing’ – yang berpura-pura berasal dari perusahaan pengiriman formal, terutama DHL serta DPD.

Pada Q4 2020, Proofpoint memperoleh bahwasannya akun kurir penipuan memberikan sumbangan 16% dari seluruh penipuan smishing, dibandingkan dengan 56% pada periode yang sama di tahun 2021. Secara keseluruhan, kuantitas agresi smishing Inggris telah sebesar 105% hanya dalam satu tahun, sehingga acara Black Friday tahun ini dapat menonton lebih banyak ancaman.

bilamana cara kerjanya

Pesan smishing biasanya termasuk memberi tahu korban bahwasannya “paket” mereka tak dapat dikirimkan serta bahwasannya pengiriman perlu dijadwal sering kali, ataupun bahwasannya paket tersebut ditahan serta anggaran diharuskan dilakukan pembayaran buat pelepasannya.

Pesan tersebut berisi tautan yang diklik korban ke halaman phishing – versi palsu dari situs website perusahaan pengiriman tak palsu – tempat penjahat dunia maya dapat melakukan kerusakan, seperti memasang malware ataupun meminta korban buat memasukkan detail kartu yang kemudian mereka curi. .

Tangkapan layar penipuan SMS DPD

(Kredit gambar: Proofpoint)

Penipuan semacam itu bisa sangat jitu sebab orang biasanya melakukan pemesanan pengiriman dalam jangka waktu Black Friday serta hari libur serta tak perlu tahu perusahaan pengiriman mana yang akan dipergunakan. Cukup sering, perusahaan pengiriman mengirimkan pesan teks singkat yang sah kepada pelanggan mereka, sehingga rumit membedakan antara yang tak palsu serta scam.

Baca Juga :   Emulator Boy Virtual paling baik buat PC (Windows & Mac) 2022 ⋆ teknologi

tetapi, tandanya ialah dengan menonton tautan website: seperti yang ditunjukkan gambar, mereka sering mengandung karakter ataupun kata-kata yang aneh serta tak sesederhana rekan mereka yang sah, seperti “[]’. tak ada alasan bagi situs website yang sah buat memiliki tanda seperti itu.

tak mengherankan, banyak penipuan sudah mulai terjadi menjelang Black Friday. Bitdefender memperoleh itu penipuan phishing saat ini yang sedang punya peredaran mereka termasuk yang memberikan penawaran pangkasan harga barang bermerek, kartu bonus palsu buat toko-toko termasyhur, serta survei palsu yang menjanjikan ponsel Android teranyar setelah selesai.