NASA menargetkan tanggal baru untuk peluncuran perdana roket mega bulan

NASA menargetkan tanggal baru untuk peluncuran perdana roket mega bulan

NASA sekarang menargetkan Senin, 14 November untuk peluncuran perdana roket Space Launch System (SLS) generasi berikutnya.

Masalah teknis menyebabkan badan antariksa membatalkan upaya peluncuran pada akhir Agustus dan awal September, sementara Badai Ian mengganggu rencana untuk upaya peluncuran potensial akhir bulan lalu, sehingga tim menggulung roket di bawah penutup untuk melindunginya dari angin kencang.

NASA mengatakan Rabu bahwa jendela peluncuran 69 menit akan terbuka pada 12:07 ET pada 14 November.

“Inspeksi dan analisis selama seminggu terakhir telah mengkonfirmasi bahwa pekerjaan minimal diperlukan untuk mempersiapkan roket dan pesawat ruang angkasa untuk ditempatkan di Launch Pad 39B di Kennedy Space Center di Florida setelah kemunduran akibat ‘Badai Ian’,” kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan: “Tim akan melakukan perawatan standar untuk memperbaiki kerusakan busa dan gabus kecil pada sistem perlindungan termal dan untuk mengisi ulang atau mengganti baterai di roket, beberapa muatan sekunder dan sistem penghentian penerbangan.”

Rencananya saat ini adalah meluncurkan roket SLS dari Gedung Perakitan Kendaraan ke landasan peluncuran paling cepat pada Jumat, 4 November.

Penerbangan uji Artemis I yang sangat dinanti akan melihat roket paling kuat yang pernah dibuat oleh NASA meledakkan pesawat ruang angkasa Orion yang tidak berawak ke bulan untuk terbang melintasi permukaan bulan. Jika dia melarikan diri pada 14 November, misi akan berlangsung sekitar tiga setengah minggu, berakhir dengan pendaratan di Samudra Pasifik pada 9 Desember.

Jika Artemis I dianggap sukses, Artemis II akan mengikuti jalan yang sama tetapi dengan astronot di dalamnya. Artemis III, yang dapat berlangsung pada awal 2025, akan fokus untuk menempatkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di permukaan bulan dalam apa yang juga akan menjadi pendaratan astronot pertama sejak misi terakhir Apollo pada tahun 1972.

Baca Juga :   Saya melakukan permintaan ChatGPT buat menulis tentang dirinya dengan gaya saya, jadi saya tidak perlu melakukannya

NASA mengatakan jika tidak dapat meluncurkan roket SLS pada 14 November, ada peluang peluncuran cadangan untuk Rabu, 16 November pukul 1:04 pagi ET dan Sabtu, 19 November pukul 1:45 pagi ET, keduanya menawarkan jendela peluncuran dua jam.

Rekomendasi Editor